Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Evolusi Kebudayaan Dalam Antropologi Mamberamo (Fuao)

Evolusi Antropologi Mamberamo (Fuao) 

        Evolusi merupakan Proses dimana terjadi perubahan yang terjadi dari masa ke masa. proses kehidupan berkembang atau mengalami perubahan ini juga di pengaruhi oleh kognitif yang juga mengalami proges to progres sehingga Proses kehidupan di suatu daerah akan mengalami perubahan dan meningkat dari tingkat sebelumnya dan akan lebih maju dari sebelumnya. 

        Antropologi secara Etimologis berasal dari bahasa Yunani. kata antrhopos berarti manusia dan Logos artinya Pengetahuan/wisdom. Jadi, antropologi berarti ilmu yang mempelajari tentang manusia. mempelajari tentang manusia tentu memelurkan pendekatan untuk mengenal kehidupan manusia tersebut. Antropologi sudah pasti mempelajari tentang kehidupan mahkluk sosial atau sosiologi. Didalam sudah pasti menyangkut banyak hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia tetapi disini di paparkan secara garis besar tidak akan terlalu mendalam untuk membahas karena lebih Fokus pada Evolusi Antropologi orang Fuau. Tulisan saya yang kemarin menulis tentang budaya perang di Mamberamo (suku Fuau). 

        Saya akan meninjau dari sana Tulisan saya yang kemarin. dengan alasan-alasan terkhusus, budaya perang yang dulu sering terjadi, pengaruh apa yang membuat menghentikan budaya perang. Karena, ini berhubungan dengan kognitif. Pengertahuan baru apa yang membuat antropologi orang Fuau mengalami perubahan. Suatu pengertahuan yang baru bisa merubah kebiasaan.

TEORI

Darwin: Menilai bahwa evolusi terjadi melalui proses seleksi alam. Makhluk hidup yang mampu menyesuaikan diri dengan alam dapat bertahan hidup.

Plato: Dunia tersebut dapat dipahami dengan menggunakan indera manusia. Dikatakan evolusi akan mengubah dunia yang organismenya sudah ideal dan beradaptasi sempurna dengan lingkungan.

Aristoteles: membahas bahwa semua bentuk kehidupan disusun menurut suatu skala atau tangga yang kompleksitasnya meningkat ke atas.

M William A. Haviland: antropologi merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang umat manusia.

Roger Keesing: suatu ilmu yang mempelajari kajian tentang manusia.

PEMBAHASAN

Antropologi Fuau telah mengalami perubahan sejak tahun dimana mereka menemukan pengetahuan yang baru dapat merubah kehidupan mereka dari tingkat yang dulunya rendah yang masih perang suku atau budaya perang yang masih sering terjadi di antropos Fuau kini telah mengalami perubahan yang jauh lebih baik. Kognitif baru yang membuat manusia Fuau berubah Sebagai berikut:

INJIL

Injil telah datang ke hutan belantara Fuau yang di bawa oleh hamba Allah/Misionaris Costas Macris dengan pesawat cesna yang mendarat di air/sungai Dijai karena tidak ada lapangan pesawat terbang. namun, sebelum misionaris itu datang ke belantara Fuao sudah ada orang dari suku Fuao yang pernah hidup dan pernah menceritakan sebelumnya bahwa nanti kebenaran akan datang di bawah oleh orang kulit putih, dengan burung besar, burung besar yang di maksud adalah pesawat. Penulis tidak akan menyebut nama orang itu tetapi nanti akan di sebutkan di lain waktu. Orang itu seperti seorang nabi mendapatkan pewahyuan atau nubuatan hari kematiannya pun ia sendiri tahu. 

tidak lama kemudian ia di bunuh oleh orang dari suku pagai. Setelah kematian tak lama  misionaris kulit putih itu datang dengan beberapa orang dari daerah pegunungan salah satu nama orang yang ikut bersama Costas macris ialah Obobi. Mereka mendarat di air dengan pesawat. Lalu orang-orang dari suku Fuau melihat orang kulit putih dan ingin membunuh tetapi teringat yang pernah di ceritakan oleh orang yang pernah menceritakan nanti kebenaran akan datang, di bawah oleh orang kulit putih.

akhirnya mereka tidak jadi bunuh msionaris Costas macris dan mulai menerima dia dan disitulah orang Fuau telah menerima Injil kerajaan Allah dan membakar semua alat perang dan seluruh hal yang berhubung dengan kuasa kegelapan telah di bakar dan di doakan. Disitulah orang Fuao telah menerima pengetahuan yang baru dan mengalami Evolusi dari kebiasaan-kebiasaan  yang lama. budaya perang telah berlalu dan dilupakan karena Kuasa Injil Kristus telah membuat Evolusi di manusia Fuao.

tidak hanya berhenti disini setelah injil membuat Evolusi di kehidupan orang Fuao, orang Fuao telah membuka kampung Untuk tempat tinggal yang tetap yang dulunya pindah-pindah akibat perang suku sekarang ingin menetap dan beribadah kepada Yesus Kristus yang telah mereka terima. pada waktu itu mereka membuka lokasi kampung yang nama temapatnya Mudia. tetapi dari mudia mereka pindah lokasi kampung dengan alasan cari lokasi yang bagus untuk membuka lapangan terbang yang di buka oleh misi yang di kerajakan oleh saudara-saudara kita dari daerah pegunungan.

Akhirnya lapangan dan gereja telah jadi. Dan gereja dan lapangan masih ada sampai saat ini masih di gunakan tapi sayang gedung gereja sudah lapuk-lapuk karena sudah bertahun-tahun berdiri mau di rehap belum ada dana yang cukup. 

waktu itu belum ada bangunan sekolah. Pada waktu mereka mau belajar mereka belajar di gereja. dan guru yang mengajar pada saat itu guru oang depapre tetapi guru itu pulang tinggalkan Fuao karena masalah politik papua. Waktu itu Militer Indonesia  melakukan operasi besar-besaran di papua jaman Presiden Suharto. pengejaran yang dilakukan terhadap tentara pembebasan nasional papua barat (TPNPB). Tetapi waktu itu militer Indonesia main hantam masyarakat sipil. tetapi penulis tidak akan membahas itu karena bukan topiknya.

Akibat operasi militer di Fuau membuatnya tidak ada guru,tanpa pendidikan dari tahun 80 an sampai 2004 atau 2005 kalau tidak salah baru orang Fuao kembali dapat guru yaitu Pak Guru Ladis Wanmo. orang Fuao kembali bersekolah tetapi sayangnya guru hanya satu orang mengajar dari kelas 1-6. Setelah itu Pak Guru Ladis kirim kores wau untuk kuliah guru. Akhirnya selesai juga tetapi Guru ladis sudah pensiun di gantikan oleh Kores wau. 

Disitu juga Tuhan mengirim hambanya/misionaris Trevort Cristian Jhonson berkewarganegaraan Amerika. Beliau terus melanjutkan Injil yang telah di tanamkan oleh misionaris terdahulu costas macris dan Misionaris Trevort tidak hanya penginjilan saja tetapi beliau bantu dalam pendidikan membangun pendidikan di Fuao. pak Trevort mencari guru untuk di kontrak hamba Tuhan yang hatinya penuh dengan kasih Kristus ini terus berkorban untuk pendidikan di Fuao dan akhirnya datangkan dua Guru yaitu. Ibu Guru Nia dan Pak Guru Andika keduanya asal batak  sampai sekarang.

banyak Evolusi yang telah di alami oleh orang Fuau dan orang Fuao Tuhan terus tolong untuk tetap Evolusi ke tahap-tahap yang lebih baik melalui hamba-hamba-Nya yang ia datangkan dari Luar. 

PENUTUP

Evolusi Antropologi menjadi hal yang penting untuk manusia bisa ubah ke tahap yang lebih baik. orang Fuao juga telah mengalami banyak Evolusi karena Kekutan Injil dalam masalah kehidupan Religion Kristen yang lebih baik dan Pendidikan.

Posting Komentar untuk "Evolusi Kebudayaan Dalam Antropologi Mamberamo (Fuao)"